KELUH KESAH MENCARI TEMPAT MAGANG

Halo hai hello.....!!!!!! mahasiswa di tingkat akhir pasti sudah tidak asing dengan yang namanya magang ya kan? anak magang pasti punya banyak cerita unik nih mulai dari proses apply magang di sana sini, nggak direspon dan nggak diterima sudah biasa, kecuali lu anaknya emang punya banyak bakat dan di kampus aktif banget jadi tuh CV nggak kosong banget yakan. nah kali ini gue mau sedikit berbagi gimana kelu kesah  gue mencari tempat magang yang notabene nya bukan anak yang aktif dikampus, bisa dibilang sih kupu-kupu (kuliah pulang-kuliah pulang). 

Gue bukan anak yang aktif dikampus, ikut organisasi juga nggak paling cuma ikut UKM itupun nggak aktif-aktif banget. kayaknya gue aktif-aktifnya tuh pas jaman maba doang. udah ditahun kedua udah mulai merasa nggak asik lagi nih, dan dasar emang gw gabisa bersosialisasi dengan baik ya, yaudahlah sampe sekarang masih ikut UKM itu cuma nggak seaktif dulu. 

Udah ditahun ketiga gue di kampus dan kampus mewajibkan untuk magang, ya selayaknya kampus-kampus yang mewajibkan mahasiswanya untuk magang atau KKN.  yaudah kita semua udah mulai nyari-nyari magang kan sempat optimis dan ngerasa ngedown saat gue  apply magang  sana sini tapi nggak di terima-terima, ada yang beberapa kali gue email tapi nggak dibales, ada juga yang ngebales tapi ya nggak jelas. 

Singkat cerita gue dapat email dari perusahaan TV Nasional katanya gue tinggal ngirim berkas yang disebutkan ke perusahaan mereka, Saat itu gue bingung dong dia nyuruh ngirimnya via email apa langsung datang ke kantor? karna gue pikir gue dikasih taunya lewat email jadi gue ngirim berkas yang dibutuhkan ya lewat email juga. Udah kan tuh gue kirim semua yang dibutuhkan berhari-hari email- gue ga dibales bales, gue kirim ulang lagi ga dibales, gue mulai resah banget kan tuh dan gatau harus ngapain karena itu perusahaan satu-satunya yang gue harepin buat magang disana, karena semua tempat yang gue apply belum ada jawaban. 

Selang beberapa hari sampai berapa minggu gue belum dapat balesan sama sekali. dan btw sebelumnya gue masih di Bandung dan tempat yang gue bilang TV Nasonal itu ya di kampung halaman gue. Karena nggak ada balesan dan nggak ada kejelasan juga gue di Bandung mau magang dimana setelah nanya beberapa temen gue, mereka memutuskan untuk magang di kampung mereka masing-masing. Saat itu gue membulatkan tekad untuk balik lagi kekampung, padahal baru sebulan gue balik kebandung dengan tujuan untuk nyari magang di Bandung atau disekitaran sana lah. tapi ternyata tuhan berkehendak lain dan gue memutuskan untuk balik ke kampung. 

Long story short gue akhirnya memutuskan untuk ke kantor langsung buat ngasih berkas yang dibutuhkan gue kesana pas bulan april dan gue rencananya mau magang disana bulan juni. berhari-hari lagi gue nunggu nggak ada informasi apa-apa lagi, gue belum dihubungi oleh pihak perusahaan. disitulah gue mulai merasa cemas lagi, gue bakalan nemu nggak sih? kok kayaknya nggak ada perusahaan yang mau nerima gue magang? ampe desprate sendiri hahah...padahal usaha gue belum terlalu extra tapi ngeluhnya luar biasa, wkwkw namanya manusia suka banget ngeluh,,,,,. melihat temen-temen kelas gue udah pada magang gue mulai ketar-ketir pokoknya gue harus magang secepatnya.  Gue mulai nyari-nyari perusahaan yang sekiranya cocok dengan jurusan gue, dan akhirnya gue nanya  dan dari rekomendasi temen gue dia pernah bilang "lu coba aja di RRI temen gue pernah magang disana gampang sih diterimanya". akhirnya gue mulai nyari informasi di RRI gw cari emailnya ga nemu  websitenya pun nggak ada yang untuk regional  daerah gue adanya yang pusat aja. dan kemudia gue beralih ke instagram dan ketemulah akun ig nya. Gue coba dm hari pertama ga dibales, gue dm lagi hari berikutnya dan hari berikutnya sampai dm gue di bales. disuruh ngirim surat lamaran ke kantor langsung. yaudah selang beberapa hari kemudian gue kekantor langsung untuk ngasih surat lamaran magang. Hari pertama gue cuma nemuin bagian SDM, BOS atau ketuanya nggak ada gue disuruh datang lagi besok.

Keesokan harinya gue dateng lagi kekantor dan gue nemuin nggak salah satu atasan disana, ditanya-tanya dan dia bilang sih bakalan ngasih tau atasannya lagi buat gue diterima apa nggak. seminggu berlalu gue ngehubungin si bapak atasan yang gue temuin pernah dan dia balesnya gue diterima tinggal dateng aja hari senin pas jam kantor. nah disini gue rada bego sih gue mana tau jam kerja kantor jam berapa yakan akhirnya gue nanya temen gue yang emang udah kerja, katanya jam kantor tuh jam 8. di hari senin itu gue ke kantor kan sesuai jam orang masuk kantor yaitu jam 8,,,,, jeng jeng jengggggg pas gue ke kantor para karyawan yang notabenenya bapak-bapak dan ibu-ibu lagi pada ngapel kayaknya. gue jiper duluan diparikiran kayak masuk nggak ya masuk nggak ya????. setelah mengesampingkan ego dan yaudah gas ajalah gue masuk dan menanyakan si bapak yang gue temui beberapa minggu lalu. saat itu gue ketemu bawahannya dan langsung disuruh keruangannya. udah kan keruangannya tuh ternyata emang si bapak atasan ini nggak ada dan gue disuruh pulang dulu nanti dikabarin kali misalnya dia udah dateng. gue pikir hari itu tuh gue udah boleh bisa magang saat itu juga tapi ternyata nggak gue baru bisa magang seminggu setelahnya dan setelah gue ketemu si bapak atasan ini dan gue dterima secara resmi. dan akhirnya gue beneran magang di RRI daerah gue, saat gue tulis blog ini gue baru 3 hari magang. mungkin kedepannya gue bakal nulis lagi pengalaman gue magang disini. 

Komentar